About

Tuesday 14 March 2017

ARTIKEL PENTINGNYA INTEGRASI NASIONAL BAGI NKRI

Halo guys balik lagi sama saya Anugrah Dwi Kusuma. Kali ini ngebeeeeet mau backup file document ke blog juga. Biar entri banyak siapa tau bermanfaat bagi kita semua. eaaaa #plaakkkalayamatnjiiinngg.

Btw, btw btw , ini udah pernah dipresentasiin di depan kelas dan hasilnya gimana ?!!!
Gimana hasilnya coy !? 
Cukup memuaskan. Tapi... buset dah gini nih ceritanya. Kan Pak Sugiarta #eh ga boleh nyebut nama ye? gapapalah kan blog pribadi. 
udah ngasih tugas ini sejak minggu minggu lalu nih. Dan ini tuh sebenarnya tugas kelompok coy. Jadi ya bikinnya harusnya berkelompok kan ? Yoi dong coy. 
Tapi, karena saking banyaknya tugas, jadi ya udah gue kontak tuh temen2. Ya cuma jadi rencana doang.. Ga bisa bisa bikin bareng2an coy. Ya jadinya gue sendiri yg bikin. Dan temen2 (termasuk gue) mikirnya pak Sugi (guru PKN terhumoris di dunia) bisa ditawar2. Jadi ya santai amat kesekolah tanpa baca materi dan melakukan persiapan untuk ... PRESENTASI !!!!
Ketika jam PKN dimulai, kita semua masih ketawa-tawa nih.. masih ada yg makan pisang goreng malah. Tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang Pak Sugiarta menanyakan tentang artikel pentingnya integrasi nasional... dan dia ngebet nyuruh kita sebagai anak anak XI MIPA 1 untuk majuu kedepan. 

SEMUANYA GA ADA YG MAU MAJU. dan hampir setengah jam lah ditunggu sama pak sugi. Karena ga ada yg mau maju, kan gimana gitu jadi malu juga disindir2 mengenai kelas favorit lah dsb. masa kalah sama kelas... bla bla bla. dst. 
Ya gue baca itu tuh materi. Kebetulan gw udah bikin artikel juga sih untuk kelompok sndiri. Jadi kemarinnya gue iseng2 bikin sendiri artikelnya jadi kan otomatis tau lah apa isi materinya. WKWKWK hoki tingkat dewa coy. 
Ya baca dikit, habis itu ngomong sendiri dan mintak persetujuan sama anggota kelompok biar dikasih maju. Oke dan akhirnya gue presentasiin ini engga tau bener atau ngalur ngidul yg penting bisa jadi superhero kelas lah biar yg lain ga ikutan ditunjuk. Gue habisin waktu (jam PKN paling terakhir hari sabtu jadi waktunya agak dikit) biar temen2 pada terselamatkan dari cengkramannya PAK PPKN !!. 
BROAKAKAKAKA
Oke. Sgitu aja. Lanjut ke artikel yang gue presentasiin itu. 
_________________________________________________________________________________

ARTIKEL

PENTINGNYA INTEGRASI NASIONAL BAGI NKRI


            Integrasi nasional adalah proses penyesuaian diantara unsur unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat secara nasional. Sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat. Proses integrasi nasional biasanya dipengaruhi oleh Aspek2 sosiologis dan antropologis. Dalam prosesnya, integrasi dituntut adanya kesepakatan terhadap nilai nilai umum yg ada dalam masyarakat. Melalui proses sosialisasi, akulturasi, asimilasi dan enkulturasi.
                                
            Contoh integrasi nasional, adalah sumpah pemuda. Yang menghasilkan nasionalisme, dan menyatukan rakyat Indonesia secara sosial dan secara politik, melalui semboyannya, satu tanah air, satu bahasa, dan satu bangsa.

            Lalu, bagaimana proses integrasi  terjadi ?
            Integrasi adalah proses yang tidak dapat dilakukan dan ditempuh dalam waktu singkat, tapi memerlukan proses pembudayaan dan consensus social politik diantara suku bangsa yang ada dalam NKRI.

            Menurut William Liddle,
Pertama, sebagian besar anggota suku bangsa bersepakat tentang batas batas territorial dari negara sebagai suatu kehidupan politik.

Kedua, apabila sebagian besar anggota masyarakatnya bersepakat mengenai struktur pemerintah dan aturan aturan dari proses politik yang berlaku.

Proses integrasi nasional harus melewati fase-fase sosial dan politik, berikut ini :

1.      melakukan pengorbanan sebagai langkah penyesuaian antara banyak perbedaan perasaan, keinginan, ukuran penilaian. 
2.      Berikutnya mengembangkan sikap toleransi di dalam kelompok social.
3.      Kemudian terciptanya kesadaran dan kesediaan untuk mencapai consensus
4.      Mengindentifikasi akar persamaan di antara kultur etnis.
5.      Kemampuan segenap kelompok yang ada untuk berperan secara bersama dalam kehidupan budaya dan ekonomi
6.      mengakomodasi timbulnya etnis
7.      adanya upaya melawan prasangka dan diskriminasi
8.      serta yang terakhir menghilangkan pengkotak2an kebudayaan.

            Dalam konteks Indonesia, maka proses integrasi nasional haruslah berjalan alamiah, sesuai dengan keanekaragaman budayanya dan harus lepas dari hegemoni dan dominasi peran politik etnis tertentu.


Faktor tantangan integrasi nasional :

1. Struktur masyarakat Indonesia yang heterogen. Baik secara etnis, suku bangsa, agama, adat istiadat, dan primodialisme.

2. Sejarah Indonesia ditandai dengan adanya gerakan separatisme. Sejak kemerdekaan NKRI taun 1945, Indonesia selalu dirongrong gerakan separatisme, seperti, DI / TII Kartosuwiryo di Jabar, Permesta Kahar Muzakar di Sumatera, APRA DI/TII Daud Beureuh, RMS di Maluku serta GAM di Aceh.

3. Etnosentrisme dan primodialisme sempit,
Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri.
Primordialisme adalah sebuah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.

4. Tantangan geografis yg luas.

5. Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan
Biasanya dari sini memicu gerakan SARA dan separatism.

            Apa yang akan terjadi jika Bangsa Indonesia kurang cakap dalam mengelola heterogenitas sosial budayanya ? Menurut Cliffrod Gertz , apabila bangsa Indonesia tidak pandai mengelola keanekaragaman entik, budaya dan solidaritas etnik, maka Indonesia akan pecah menjadi negara2 kecil.


Maka dari itu, integrasi nasional sangatlah penting demi keutuhan NKRI. 


NAH SEKIAN DULU COY. NANTI BACKUP FILE SELANJUTNYA BAKAL DIBIKIN. eh bahasa apaan tuh wkwkwk campur aduk. Udah intinya kehidupan SMA itu beda jauh ama SMP. JAUH COY JAUHHH FARAWAY!


1 komentar:

  1. Artikel Pentingnya Integrasi Nasional Bagi Nkri ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Artikel Pentingnya Integrasi Nasional Bagi Nkri ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Artikel Pentingnya Integrasi Nasional Bagi Nkri ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete