About

Wednesday 26 December 2018

Makalah tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia)


FILE WORD BISA DI DOWNLOAD DI : sini

KATA PENGANTAR
Om Swastyastu
Puji syukur kami haturkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena berkat rahmat kita semua diberikan kesehatan maupun  kesempatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang teks cerita sejarah ini.
   Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembuatan makalah ini. Kami sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dari segi materi kajian, pendekatan maupun cara penulisannya, untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan dari pembaca, agar kedepannya kami dapat membuat makalah sebaik mungkin.
   Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, teman-teman lainnya dan juga tentunya bermanfaat bagi kami sendiri.
   Om Shanti, shanti, shanti, Om.
                                                                                       
                                                                                                             Singaraja, 19 Juli 2017

                                                                                                                       Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

1.1             LATAR BELAKANG
Sejarah merupakan hal yang sangat penting dan harus diketahui oleh semua orang. Walau dunia semakin tua, bukan berarti penghuninya boleh lupa begitu saja dengan sejarahnya. Dalam konteks yang lebih kecil, misalkan negara Indonesia. Bangsa Indonesia harus mengetahui sejarah berdirinya NKRI. Peristiwa sejarah tidak semata-mata menjadi cerita yang dikisahkan turun temurun, tetapi sebagai bangsa yang cerdas kita harus mampu menggali kearifan dan makna yang terkandung di dalamnya. Jika sampai melupakan sejarah, maka suatu bangsa akan kehilangan identitasnya. Karena itulah diperlukan sarana untuk menyampaikan sejarah. Di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, peristiwa sejarah dapat di ceritakan melalui teks cerita sejarah. Teks ini sangat penting dipelajari, sehubungan dengan tugas yang telah guru Bahasa Indonesia berikan kepada kami.

1.2             Rumusan Masalah
a.      Apa pengertian teks cerita sejarah ?
b.     Apa tujuan pembuatan teks cerita sejarah ?
c.      Bagaimana struktur, ciri-ciri dan kaidah kebahasaannya ?
d.     Apa saja jenis-jenis teks cerita sejarah ?
e.      Bagaimana perbedaan sejarah fiksi dan non fiksi ?
f.       Lalu bagaimana contoh teks cerita sejarah ?

1.3             Tujuan
a.      Agar lebih memahami materi terkait teks cerita sejarah
b.     Sebagai pertanggungjawaban tugas dari ibu guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas ini. .

1.4             Manfaat
a.      Dengan pembuatan makalah ini, kami dapat memahami lebih dalam tentang materi teks cerita sejarah.
b.     Setelah memahaminya, maka kami bisa membuat teks cerita sejarah.
c.      Kami harap makalah ini berguna untuk semua orang yang mempelajari materi terkait.
d.     Dengan makalah ini, diharap kami mendapat nilai maksimal.   
















BAB II
PEMBAHASAN
A.   Pengertian Teks Cerita Sejarah
Definisi teks cerita sejarah adalah sebuah teks yang di dalamnya memuat cerita dan menjelaskan mengenai suatu fakta atau suatu kejadian yang terjadi pada masa lalu yang akhirnya menjadi sebuah latar belakang (asal muasal) yang mana kejadian tersebut mempunyai unsur nilai sejarah didalamnya.
B.    Tujuan pembuatan teks cerita sejarah
          Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, pada pembaca, tentang kejadian yang pernah terjadi di masa lalu.

C.    Struktur Teks Cerita Sejarah
Struktur teks adalah sebuah gambaran (deskripsi) cara bagaimana teks tersebut dibangun. Harus terdapat 3 struktur berikut untuk bisa menyusun teks cerita sejarah yag baik:
Harus terdapat 3 struktur berikut ini untuk membuat teks sejarah yang baik:
·        Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
·        Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
·        Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah kehendak penulis teks cerita sejarah.

D.   Ciri – Ciri Teks Sejarah
Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh teks sejarah, diantaranya:
·        Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan kejadian.
·        Bentuk teks cerita ulang (recount)
·        Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
·        Sering menggunakan konjungsi temporal.
·        Isi berupa fakta.

E.    Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
Didalam kebahasaan teks cerita sejarah terdapat ciri-ciri yang sangat menonjol yang dapat diketahui dan ditandai sebagai berikut :
1. Kata ganti (pronomina)
Kata ganti / pronomina adalah jenis kata yang digunakan untuk menggantikan nomina / frasa nomina dan kemudian memberikan nama seseorang secara tidak langsung. Contoh saya, kapan, nya, ini.
2. Kata keterangan (frasa adverbial)
Frasa adverbial / kata keterangan adalah jenis kata yang menunjukan suatu peristiwa, waktu, kejadian dan tempat. Contoh tadi siang, tahun lalu, minggu kemarin.
3. Kata kerja material (verba material)
Kata kerja material / verba material adalah jenis kata yang memiliki fungsi untuk menunjukan sebuah perbuatan nyata (aktifitas) yang telah dilakukan oleh partisipan.


Adapun didalam kata kerja material ini menunjukan ciri-ciri yang dapat diketahui seperti perbuatan fisik / kejadian / peristiwa. Contoh memasak, menyapu, membaca dan lain sebagainya.
4. Kata sambung waktu (konjungsi temporal)
Kata sambung waktu (konjungsi temporal) adalah jenis kata yang berfungsi untuk menata urutan-urutan kejadian atau peristiwa yang di ceritakan. Dan didalam teks cerita sejarah ini banyak menggunakan serta memanfaatkan kata penghubung (konjungsi) temporal.

F.     Jenis – Jenis Teks Sejarah
Sejarah Fiksi:
·        Novel adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya dalam bentuk cerita. Penulisnya disebut novelis
·        Cerpen adalah cerita pendek berbentuk prosa naratif fiktif. Cenderung padat dan langsung pada tujuan nya dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya lumayan panjang.
·        Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh sebagian orang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi.
·        Roman adalah jenis karya sastra berbentuk prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan jiwa masing-masing. Roman bisa juga disebut kisah percintaan.

Sejarah Non-Fiksi:
·        Biografi adalah keterangan kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
·        Autobiografi adalah kisah atau keterangan hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri.
·        Cerita Perjalanan adalah teks yang menceritakan tentang perjalanan.
·        Catatan Sejarah adalah teks yang menceritakan fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang sesuatu mempunyai nilai sejarah.

G.   Perbedaan Sejarah Fiksi dan Non-Fiksi
Sejarah Fiksi:
Jalan cerita disusun berdasarkan dunia nyata.
Gambaran kehidupan batin seorang tokoh lebih dalam.
Pengembangan karakter tokoh tidak sepenuhnya terungkap.
Menyajikan kehidupan sesuai pandangan pengarang.

Sejarah Non-Fiksi:
Tersusun oleh fakta yang objektif.
Gambaran kehidupan tokoh ditulis lebih lengkap berdasarkan fakta.
Menyajikan kehidupan sesuai data dan fakta.
Contoh Teks Cerita Sejarah
Kami sudah menyertakan contoh teks sejarah singkat tentang berbagai tema yang bisa kamu lihat disini.





H.   Contoh
SEJARAH INSTAGRAM


Struktur Orientasi
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.
Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat

Struktur Urutan Peristiwa
Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.
Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Struktur Reorientasi
Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai akun instagram dikarenakan semakin populer nya aplikasi ini. Dengan instagram kita bisa melihat aktivitas teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.



BAB III
PENUTUP
a.      Kesimpulan
Jadi, teks cerita sejarah adalah teks yang khusus diperuntukkan untuk menceritakan kembali peristiwa lampau. Peristiwa lampau itu pula menjadi sumber informasi yang memiliki makna dan kearifan di dalamnya. Teks cerita sejarah harus dipelajari dan dikuasai semua orang, karena sangat efektif dalam memuat sejarah didalamnya berdasarkan struktur, kaidah kebahasaan, dan jenis-jenis yang mudah dipahami untuk menceritakan kembali peristiwa lampau.

b.     Saran
Sebaiknya, dalam membuat teks cerita ulang, peristiwa lampau yang dimuat memang berdasarkan sejarah. Jika banyak diubah-ubah dan malah dijadikan propaganda untuk kepentingan sendiri, maka akan membahayakan orang banyak dalam menentukan pandangan mengenai suatu hal yang dimuat dan akan tersebarnya informasi salah yang menyesatkan. Dimanapun kita berpijak, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Sekian.


Daftar Pustaka :

Selamat menulis gan !

5 komentar:

  1. Replies
    1. Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK mj

      Delete
  2. Terimakasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Makalah Tentang Teks Cerita Sejarah (Bahasa Indonesia) ~ Anugrah Dwi Kusuma Timeline >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete